Rabu, 12 Oktober 2011

Memahami DNS dan Nama Domain

Sebagai pengguna internet, baik Anda maupun saya sudah sering melihat, mendengar dan membaca istila IP Address (dibaca: aipi adres) atau alamat IP dalam keseharian. Anda mendengar dan mengetahui bahwa komputer yang Anda gunakan untuk surfing iternet memiliki lamat IP, situs web yang Anda kunjungi juga memiliki IP, server email yang Anda gunakan untuk mengirim dan menerima email pun juga memiliki alamat IP.

Tapi sebetulnya apa sih alamat IP itu?



IP Address atau Internet Protocol Address atau diterjemahkan sebagai alamat IP adalah angka-angka pengenal yang unik yang diberikan untuk setiap komputer atau peralatan yang terhubung ke jaringan komputer, baik jaringan lokal maupun internet. Jika dianalogikan mirip dengan nomor ponsel seseorang, alamat IP digunakan sebagai angka-angka pengenal yang membedakan satu komputer dengan komputer lainnya yang saling terhubung satu sama lainnya di dalam jaringan komputer atau internet.

Sebenarnya kita dapat menggunakan alamat IP untuk membuka situs web tertentu. Namun, jika Anda diharuskan untuk mengingat ratusan ribu bahkan jutaan alamat IP yang ada saat ini untuk semua situs web yang berbeda-beda, tentu bisa dibayangkan betapa sulitnya untuk menghafal.
Akan lebih mudahlagi bagi siapa saja untuk mengingat nama-nama yang mencerminkan isi setiap situs web daripada harus mengingat alamat IP setiap situs.

Misalnya saja, kita akan lebih mudah mengingat nama www.google.com daripada harus mengingat alamat IP 64.233.167.99 atau nama microsoft.com daripada harus mengingat alamat IP 192.168.124.1 dan sebagainya. Hingga akhirnya nama google.com dan microsoft.com itulah yang dinamakan nama domain.

Kenapa kok komputer selalu menggunakan alamat IP untuk penamaan, alasannya adalah bahwa komputer lebih mudah diingat dan dikenali oleh komputer, namun tidak demikian halnya dengan manusia.
Dari itu, diperlukan perangkat yang manusiawi untuk menangani penerjemahan alamat IP ke nama-nama yang mudah diingat. Di sinilah letak peranan DNS sebagai solusi masalah tersebut.

DNS atau Domain Name System adalah sebutan untukkumpulan data yang menghubungkan nama-nama yang mudah dibaca dan diingat dengan alamat-alamat IP komputer tertentu di internet.
Nma-nama ini dikenal juga dengan istilah Domain Names atau Nama Doamin.
Bisa dibayangkan kan bila tanpa danya DNS, internet mungkin tidak akan pernah menjadi semudah sekarang.

Label

AC (3) Air (1) Anak (5) Berita (41) Browser (30) Cari Uang Gratis (3) Cek Tagihan Online (4) Coretan (53) Cowok cewek (12) Dijual (13) Dinosaurus (3) Domain (1) Elektronik (30) Gadget (21) Google (27) Internet (47) ISIS (2) Islam (3) Jejaring Sosial (15) Kamera (8) Kesehatan (9) komputer (72) Merk (10) Mobil (3) Penyakit (2) Ponsel (66) PPC (1) printer (23) SEO (33) Tips (88) Tokoh (5) tutor blogger (81) TV (4) Video (8) Windows (19) Word of the Day (65)

Entri Populer