Mencari Ilmu dan Berbagi Kelebihan Kekurangan Gadget

Sabtu, 31 Agustus 2013

Tips Masalah pada Speaker Aktif

Dibawah ini adalah beberapa tips tentang speaker aktif:

• Jika Speaker mengeluarkan suara dengung. Input/suara dari vcd/dvd tidak masuk ke salon. Kerusakan macam ini disebabkan karena power-amplifiernya terbakar. Penyebab terbakarnya mesin tersebut kemungkinan karena pemakain yang over/berlebih. Sehingga transistor menjadi terlalu panas. Atau bisa juga karena ada kabel output yang mengalami hubungan pendek.


• Speaker mati sebelah.

Masalah ini bisa terjadi antara lain karena:

- Power mati sebelah. Untuk yang bermesin stereo. Perbaikannya adalah melakukan reparasi pada bagian power amplifiernya.
- Speaker mati.
Perbaikannya adalah melakukan penggantian loudspeaker.

• Saat saklar power dihidupkan aliran listrik rumah mati.
Penyebab dari masalah ini adalah trafo catu daya mengalami korsleting, mungkin karena terbakar. Perbaikan hanya bisa dilakukan dengan mengganti trafo catu daya-nya.

• Ada suara kemresek ketika potensio-potensio pengatur volume, bass dan treable diputar. Pada kasus ini sebaiknya potensio diganti, atau dibersihkan.

• Kemasukan hewan (biasanya tikus). Asal belum terkena cairan dari binatang tsb, besar harapan untuk bisa diperbaiki. Tapi jika sudah terkena cairan pada pcbnya, rasanya sulit untuk diperbaiki. Jalan satu-satunya adalah mengganti mesin/powernya.

sumber:
polytron.
Share:
Scroll To Top