Mencari Ilmu dan Berbagi Kelebihan Kekurangan Gadget

Rabu, 10 April 2013

4 Hal Menarik Margaret Thatcher yang Belum Banyak Diketahui Publik

Margaret Thatcher adalah Perdana Menteri pertama dan satu-satunya di Inggris. Beliau meninggal pada tanggal 8 April 2013 yang lalu di usia yang ke 87 tahun. Wanita besi itu meninggal karena sakit stroke yang menghinggapinya. Margaret Thatcher mengabdi sebagai PM Inggris dari tahun 1979 hingga 1990.

Beliau ini dikenal karena pandangannya yang konservatif, meregulasi ulang industri, dan melawan pengaruh komunis. Dan yang paling berkesan adalah bahwa Dia dijuluki wanita besi. Siapa yang memberi julukan wanita besi tersebut,ternyata adalah sebuah media di Uni Sovyet yang memberikan gelar tersebut pertama kalinya.

Label sebagai wanita yang terbuat dari materi solid macam besi ternyata bukan berasal dari media Inggris, melainkan Uni Soviet. Julukan ini berdasarkan ketegasan Thatcher dalam menyampaikan keinginan dan determinasinya.


Berikut ini ada 5 hal yang menarik dari sosok Margareth Thatcher yang belum banyak diketahui oleh orang


1. Masak sendiri
Meski mengabdi sebagai PM selama sebelas tahun, Thatcher tidak pernah memiliki pegawai khusus untuk masak. Tiap malamnya ia memasak untuk suaminya, Denis Thatcher.

2. Kapok memasuki politik
Pada 1995, Thatcher menyatakan pada Lord Spicer, "Jika saya bisa mengulang waktu, saya tidak mau masuk politik karena akibatnya pada keluarga." Suami Thatcher wafat lebih dulu pada 2003. Sedangkan putranya Mark, yang lahir tahun 1953, dikenal sebagai pecinta ulung.

3. Berperan dalam penyajian es krim
Sebelum masuk ke politik, Thatcher merupakan peneliti kimia. Ketika masuk usia 20-an, ia bekerja sebagai peneliti makanan di J Lyons and Co., yang berperan dalam pengembangan zat aditif pada es krim.

Thatcher dan timnya mengembangkan metode menambah jumlah udara dalam es krim. Dengan hasil akhir berupa penyajian es krim yang lebih lembut.

4. Menolak 20 pengawal perempuan
Di tahun pertamanya sebagai PM pada 1979, Thatcher berkunjung ke Jepang untuk pertemuan tingkat tinggi. Jepang, sebagai tuan rumah yang belum pernah kedatangan kepala negara perempuan, menempatkan 20 karateka perempuan untuk Thatcher. Namun, keputusan ini ditolaknya melalui Sekretaris Kabinet, Sir John Hunt.

"Nyonya Thatcher akan menghadiri pertemuan ini sebagai PM dan bukan sebagai seorang perempuan. PM lebih suka diperlakukan sama seperti kepala delegasi lainnya. Contohnya, jika delegasi lain dikawal 20 karateka lelaki, PM tidak akan menolaknya. Ia hanya tidak ingin dibedakan."

Selamat Jalan Margaret Thatcher, kiprahmu akan selalu dikenang dunia.

sumber:
nationalgeographic Indonesia

Share:
Scroll To Top