Mencari Ilmu dan Berbagi Kelebihan Kekurangan Gadget

Kamis, 24 Januari 2013

3 Tips Jogging agar Aman

Berikut tips jogging untuk mendapatkan manfaat yang optimal ya.

Jogging

1. Pilih Alas Kaki yang Tepat
Ketika Anda berolahraga ringan, seperti berlari atau jogging, hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah alas kaki. Pastikan Anda mengenakan sepatu dan kaus kaki atletik.

Idealnya, gunakan sepatu lari yang cocok, pas, dan nyaman terpasang di kaki Anda, dan gantilah sepatu Anda bila sudah mulai rusak.
Cobalah menemukan sepatu yang terbaik untuk Anda. Risiko yang umum terjadi saat berlari dan jogging - jika Anda tidak mengenakan sepatu yang tepat - adalah keseleo, cedera lutut, dan lecet.
Jadi, ketika jogging, pastikan sepatu Anda telah terpasang dengan benar.

2. Perhatikan Track Jogging dengan Baik
Pastikan Anda memperhatikan rute dan kondisi track jogging, agar terhindar dari cedera akibat tersandung dan lainnya. Jauhkan diri dari tanjakan yang curam, permukaan berbatu, atau yang memiliki banyak hambatan seperti lalu lalang kendaraan dan lainnya.

Berjalan di rute dengan medan yang menantang memang seru, tetapi Anda hanya akan merugikan diri sendiri jika Anda tidak terampil dalam hal itu. Ketika Anda jogging atau berlari di medan yang berbukit, lutut dan sendi kaki mendapatkan tekanan yang besar, maka Anda harus memulai kegiatan ini dengan berjalan di medan datar, baru kemudian menambahkan bobot tekanan pada latihan Anda.

3. Pemanasan dan Peregangan
Sebelum mulai berlari atau jogging, lakukan pemanasan, dan lakukan dengan santai. Jangan berjalan dengan kecepatan penuh, dan jangan berhenti tiba-tiba. Saat akan berhenti, kurangi kecepatan secara perlahan, baru kemudian Anda berhenti.

Mulailah dengan perlahan, dan akhiri pula secara perlahan-lahan, agar otot Anda tidak shock. Lakukan peregangan otot untuk mendinginkan kondisi tubuh yang panas.
Share:
Scroll To Top