Mencari Ilmu dan Berbagi Kelebihan Kekurangan Gadget

Kamis, 24 Januari 2013

Tips Merawat dan Membersihkan Water Dispencer, Lemari Es, Mesin Cuci

1. DISPENSER.
Sudah sewajarnya merawat dispenser dengan baik agar kualitas airnya tetap bersih. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk membersihkan dispenser :

Ada dua bagian dispenser yang harus dibersihkan secara teliti. Bagian pertama adalah bagian dalam dispenser. Membersihkan bagian dalam sebaiknya dilakukan setiap kali pada saat mengganti galon air yang sudah kosong.

Dispencer

Caranya, keluarkan sisa air di dalam dispenser melalui keran tempat keluarnya air. Setelah itu, isi kembali galon tersebut dengan air yang dicampur cuka dapur. Lalu, diamkanlah beberapa menit

Setelah itu, keluarkan campuran air tersebut dari keran sampai tidak ada lagi air yang tersisa. Kemudian, keringkan dengan air kering atau lap yang bersih. Untuk menghilangkan aroma sisa cuka, isi kembali galon dengan air bersih yang tidak dicampur apapun selama beberapa menit, lalu buang kembali lewat keran. Setelah itu, gantilah dengan galon yang baru

Bagian kedua adalah bagian luar dispenser. Membersihkan bagian luar dispenser sangat mudah. Cukup membersihkan dengan menggunakan lap basah yang terbuat dari bahan kain. Hal ini sebaiknya dilakukan secara rutin, apalagi jika dispenser diletakkan di ruangan yang sering terkena debu.

Jika noda atau kotoran yang melekat pada dispenser sudah terlampau lama dan sulit dibersihkan, maka bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih khusus yang kini banyak tersedia di toko-toko modern

2. LEMARI ES.
Sebaiknya dibersihkan secara teratur untuk mencegah timbulnya bau. Sebelum membersihkan, dianjurkan untuk melepas dulu saklar listrik dan keluarkan seluruh makanan. Segera lap tumpahan makanan karena dapat mengotori permukaan plastik secara permanen.

Kulkas

Jangan membersihkan permukaan dengan keset, sikat atau pembersih kasar sejenis serta larutan alkali. Jangan menyentuh permukaan yang beku dengan kain yang basah dan kotor, karena basah dan kotor akan mudah melekat di permukaan yang beku.

Untuk membersihkan bagian luar dan gasket pintu magnetis, gunakan larutan busa sabun lunak atau detergen yang hangat kuku, basuh dengan kain lap basah lalu keringkan

3. MESIN CUCI.
Hindari memasukkan tangan ke dalam mesin cuci ataupun mesin pengering pada saat mesin beroperasi. Letakkan mesin cuci jauh atau mesin pengering pakaian dari jangkauan anak. Jangan menyemprotkan air ke kontrol panel.

Mesin Cuci

Hindari mesin cuci (pengering pakaian) dari sinar matahari langsung. Hindari tempat yang lembab. Mesin cuci harus dibersihkan dari debu. Gunakan detergen dan air sesuai dengan petunjuk pemakaian. Setelah digunakan, matikan mesin cuci dan cabut stop kontaknya.

Pakaian yang hendak dicuci hendaknya sesuai dengan kapasitas mesin cuci agar tidak merusak motor penggerak
Share:
Scroll To Top