Mencari Ilmu dan Berbagi Kelebihan Kekurangan Gadget

Jumat, 15 Februari 2013

Sharp Raih Top Brand 2013

Jakarta, 4 Februari 2013 – Mengawali tahun 2013, PT Sharp Electronics Indonesia ( SEID ) kembali mendapat pengukuhan dari konsumen sebagai peraih Top Brand 2013 dengan meraih 4 kategori sekaligus yakni untuk produk Televisi, Mesin Cuci, Air Conditioner (AC) dan Lemari Es.
Penghargaan ini merupakan pembuktian bahwa produk Sharp semakin melekat di hati masyarakat Indonesia.


"Sharp sangat berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan konsumennya selama 42 tahun keberadaannya di Indonesia sehingga di tahun ini Sharp kembali meraih Top Brand 2013. Penghargaan ini memacu Kami untuk terus meningkatkan kualitas produk yang Kami miliki dan melanjutkan inovasi Kami pada produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan selera konsumen dan pasar Indonesia. Kami juga akan meningkatkan kualitas layanan purna jual yang Kami miliki agar konsumen senantiasa merasa puas, aman dan nyaman saat menggunakan produk Kami." Ungkap Fumihiro Irie, President Director PT Sharp Electronics Indonesia.

Keberhasilan Sharp meraih Top Brand didukung dengan keunggulan produknya yang bersifat local fit dan mengusung konsep one-of-a kind technology yang hanya di miliki oleh Sharp. Hal ini pun tidak terlepas dari Sharp DNA yang yang menjadi latar belakang penciptaan produk-produk Sharp yaitu, membuat produk yang selalu ingin ditiru.

Top Brand Award merupakan anugerah tertinggi bagi sebuah merek yang diberikan oleh Majalah Marketing berdasarkan hasil riset Nasional oleh Frontier Consulting Group di 8 (delapan) kota besar yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, Pekan Baru dan Balikpapan yang melibatkan sebanyak 4.200 responden. Adapun kriteria responden adalah konsumen pria atau wanita dengan usia mulai dari 15 tahun ke atas dengan status ekonomi E hingga A. Selain itu, survey juga melibatkan konsumen B2B dengan total sebanyak 525 responden di dua kota yakni Jakarta dan Surabaya. Kriteria responden B2B terdiri dari pria atau wanita dengan profesi sebagai staf atau manajemen dan khalayak media.

Periode survei berlangsung selama bulan November 2012 hingga Januari 2013. Adapun metodologi pengumpulan data terdiri dari wawancara langsung (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara multistage random sampling dan purposive sampling.

Ada 3 parameter yang digunakan dalam survey Top Brand yakni:

1. Top of Mind Share
yakni merek-merek yang menempati urutan pertama dalam benak konsumen.

2. Top of mind
juga menunjukkan merek tersebut banyak dikenal di kalangan konsumen.

3. Top of Market Share
Data diperoleh dari last used, brand yang menunjukkan merek-merek banyak dibeli oleh konsumen. Yang ketiga, Top of Commitment Share yang diperoleh dari skor kemungkinan konsumen untuk membeli merek tersebut di masa depan, yang menunjukkan loyalitas merek.

Penghargaan Top Brand Award diberikan kepada merek-merek di dalam kategori produk, dengan kriteria yakni: pertama, merek-merek yang memperoleh Top Brand Index minimum sebesar 10% dan kedua, merek-merek yang menurut hasil survei berada dalam posisi tiga besar (top three) di dalam kategori produknya. Kedua kategori ini harus dipenuhi oleh sebuah merek untuk bisa meraih predikat Top Brand.

Sumber:
Sharp Indonesia
Share:
Scroll To Top